Langsung ke konten utama

Supervisi Kepala Sekolah

 

Supervisi Kepala Sekolah

Latar Belakang

Mengembangkan kemampuan guru tidak hanya ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen, kemauan, atau motivasi guru. Dengan meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja guru, kualitas akademik akan meningkat. Tanggung jawab pelaksanaan supervisi di sekolah adalah kepala sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki kompetensi supervisi.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah adalah Program Supervisi/Penilaian Kepala Sekolah. Program ini berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh profesionalisme sebagai seorang Kepala Sekolah dalam memimpin dan mengelolanya sehingga menjadi sekolah yang berprestasi dan berkualitas.

pembelajaran yang berkualitas tentunya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang berkualitas

Program Supervisi/Penilaian Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022 merupakan pelengkap pelaksanaan pengisian supervisi di wilayah cabang Dinas IV Jawa Tengah. Contoh program kerja supervisi Kepala Sekolah ini ditujukan untuk sekolah binaan serta sekolah lain di provinsi Jawa Tengah yang sudah dan sedang mengisi aplikasi supervisi.

Inti dari penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini adalah proses pembelajaran, sedangkan pembelajaran yang berkualitas tentunya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang berkualitas pula. Salah satu kegiatan penting dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru adalah supervisi kepada guru.


Pengertian Supervisi

Banyak pengertian tentang supervisi kepada guru atau biasa disebut dengan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.

Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah yang ditujukan kepada guru dengan tujuan memberikan bantuan profesional, selain itu supervisi akademik juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional maupun kompetensi yang akan berdampak pada peningkatan kinerja tenaga pengajar di sekolah.

Inti dari kegiatan supervisi adalah membantu guru dan berbeda dengan penilaian kinerja guru, meskipun di dalam supervisi akademik ada penilaian. Dalam supervisi akademik menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang harus diaksanakan.


Tujuan dan Fungsi Supervisi

Adapun tujuan supervisi akademik adalah :

  1. Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.
  2. Supervisi akademik dilakukan untuk memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik.
  3. Supervisi akademik dilakukan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajar, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Supervisi akademik yang baik adalah supervisi akademik yang mampu berfungsi mencapai multi tujuan tersebut di atas. Tidak ada keberhasilan bagi supervisi akademik jika hanya memperhatikan salah satu tujuan tertentu dengan mengesampingkan tujuan lainnya. Hanya dengan merefleksi ketiga tujuan inilah supervisi akademik akan berfungsi mengubah perilaku mengajar guru. Pada gilirannya nanti perubahan perilaku guru ke arah yang lebih berkualitas akan menimbulkan perilaku belajar murid yang lebih baik.

Bentuk bantuan kepada guru dalam mengembangkan kompetensinya dapat berupa mengembangkan kurikulum, mengembangkan kelompok kerja guru (KKG/MGMP), dan secara bersamaan dapat memberikan bimbingan Penelitian Tindakan Kelas. Dengan demikian ketiga tujuan di atas saling terikat dan utuh serta menyatu dalam rangka mengubah perilaku guru.


Postingan populer dari blog ini

Latihan soal TKJ

1. Berikut yang bukan merupakan jenis kabel untuk jaringan komputer adalah.... A. BNC B. coaxial cable C. UTP D. Fiber Optic E. STP 2. Jumlah layer atau lapisan menurut referensi OSI adalah... A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 E. 7 3. Untuk menginstal Sistem Operasi Windows alat yang dibutuhkan untuk media instalasi adalah.. A. Flashdisk dan CD/DVD B. SSD C. HDD D. RAM E. ROM 4. Dibawah ini yang bukan termasuk topologi fisik jaringan adalah.. A. Bus B. Star C. Tree D. Ring E. Sun 5. Subnet mask dari 11111111.11111111.11111111.11111000 sama dengan... A. 255.255.0.0 B. 255.255.255.0 C. 255.255.255.224 D. 255.255.255.240 E. 255.255.255.248 6. Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama... A. Linux Travolds B. Linux Torvalds C. Linus Torvalds D. Linux Travolta E. Linus Travolta 7. Software untuk mengatur tata letak file dalam hardisk yang merupakan bawaan dari Windows adalah... A. Disk Defragmenter B. Cleaner C. Disk Partitioner D. Disk Multiuser E. Disk Formater 8. Partisi defaul

Soal-soal ASJ 11 - 1

Pilihlah satu jawaban yang benar dari soal-soal berikut ini : 1. Komputer yang meminta layanan disebut ….. a.        Server b.       Client c.        Host d.       Browser e.       Internet 2. Apache termasuk aplikasi ….. a.        Server b.       Web Server c.        Browser d.       Web Browser e.       intermet 3. Berikut ini merupakan keunggulan dari DNS, kecuali ….. a.       Fleksible tanpa harus mempertahankan kelas dari IP. b.       Mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP Address sebuah komputer cukup nama host c.        Konsisten, IP address dari komputer bisa berubah namun host name tidak berubah. d.       Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet. e.       Konsisten, IP address dari komputer bisa berubah namun host name tidak berubah. 4. Komputer yang meminta no IP adalah…. a.        DHCP server b.       DHCP client c.        User d.       Server e.       Client 5. DHCP kependekan dari…. a.        Dina

Latihan Soal TLJ - Kelas 11 TKJ - rev.1

  Berikut ini adalah soal-soal mata pelajaran Teknik Layanan Jaringan untuk kelas 11 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Baca dengan cermat dan pilihlah jawaban yang menurut anda paling tepat. Cek ulang hasil pengerjaan anda agar lebih yakin dengan jawaban yang anda pilih. Selamat mengerjakan. 1.       Salah satu jalur yang digunakan untuk berkomunikasi data adalah... a. Bus b. Satelit c. Bandwidth d. Throughput e. Topologi 2.       Apa yang dimaksud dengan Transmitter? a. Alat untuk memindahkan dan menyaring informasi           b. Cara untuk menghubungkan Source dan Destination        c. Alat penerima sinyal dari Transmission System      d. Asal/pengirim data e. Tujuan pengiriman data   3.       Apa yang dimaksud dengan Transmission System? a. Alat untuk memindahkan dan menyaring informasi            b. Cara untuk menghubungkan Source dan Destination        c. Alat penerima sinyal dari Transmission System      d. Asal/pengirim data e. Tujuan pengiriman d